Kejenuhan karena Rutinitas Kuliah


Manusia memang mahluk yang paling cepat bosan apalagi mengenai hal-hal yang dilakukan berulang-ulang atau yang biasa kita sebut sebagai rutinitas. Sebagai mahasiswa rutinitas kita sehari-hari tentu saja kuliah, termasuk belajar dan mengerjakan tugas didalamnya. Jujur atau tidak, sebagian besar mahasiswa, berapapun IPnya pasti pernah atau akan mengalami masa kejenuhan akibat rutinitas kuliah tersebut. Efek kejenuhan kuliah ini tentunya beragam bagi tiap mahasiswa, namun yang pasti akan berdampak negatif terhadap kelangsungan perkuliahan mahasiswa, berawal dari hilangnya gairah dan motivasi kuliah mengakibatkan malas belajar, malas mengerjakan tugas, atau bahkan malas untuk kuliah. Hal tersebut tentu saja dapat berakibat buruk bagi mahasiswa. Bagi mahasiswa yang sedikit tahan banting mungkin efeknya tidak separah itu namun kehilangan gairah dan motivasi kuliah akibat kejenuhan cukup mampu membuat mahasiwa menjalani kegiatannya dengan penuh keterkanan dan kebencian. Bagaimanapun kejenuhan akan rutinitas dapat mengancam kinerja kita sebagai mahasiswa yang umumnya diukur dari besarnya IPK. Berikut adalah beberapa contoh tips untuk menghilangkan atau setidaknya meminimalisir kejenuhan akibat rutinitas kuliah.
1. Selalu berpikiran positif dan menyenangkan
Hilangkan semua pikiran mengenai susahnya materi dan menumpuknya tugas yang seolah tak akan terselesaikan. Percayalah pada kemampuan diri sendiri bahwa sesulit apapun materi akan dapat dicerna oleh otak kita dan sebanyak-banyaknya tugas akan mampu kita selesaikan. Pikirkanlah hal-hal menyenangkan dari kuliah yang sering terlupakan seperti bertemu teman-teman, belajar bareng, dan lain-lain.
2. Manfaatkan hari libur
Refreshing adalah langkah paling cepat untuk menghilangkan kejenuhan. Cobalah melakukan aktifitas yang kita sukai dihari libur kuliah serta pastikan dapat membuat otak lebih rileks dan segar kembali.
3. Merenungkan masa depan
Luangkan waktu sejenak untuk merenungkan dan membayangkan akan masa depan setelah lulus kuliah, mengenai rencana-rencana indah kita dimasa depan. Jadikan sebagai motivasi untuk kuliah dengan baik. Merenungkan masa depan juga dapat menyadarkan kita bahwa masa kuliah adalah masa sekali dalam hidup yang perlu dinikmati.
4. Ubah suasana kamar
Penyebab utama kejenuhan adalah bosan akan hal yang sama. Hal paling mudah untuk dilakukan adalah merubah suasana kamar, tempat sebagian waktu kita habiskan untuk belajar dan mengerjakan tugas. Mulailah dengan mengatur ulang meja belajar, menata ulang perlatan belajar, dan lain-lain.

posted by:dairul f

Comments