Mari Ambil Peran !!!


Hey, kamu !
Iya, kamu, yang merasa sebagai seorang pelajar. Kamu yang merasa sebagai “orang berilmu”. Kamu yang merasa sebagai “rakyat Indonesia”. Tolong buka mata hati kalian sebelum membaca tulisan saya ini. Mari resapi isi hati saya.
Hey kawan ! Kita sering mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah. Kita sering bertanya kapan Indonesia bisa menjadi negara maju ? Kita sering mempertanyakan mengapa masih banyak rakyat Indonesia yang kelaparan ? apa sih kerjanya pemerintah ? Mereka sudah digaji, tapi kok banyak menuntutnya daripada hasilnya ? Kita sangat benci melihat “mereka” menyalah-gunakan uang rakyat. Saya rasa masih banyak lagi pertanyaan kita tentang Indonesia.
Tapi, sadarkah kita bahwa kita juga memiliki tanggung-jawab terhadap Indonesia. Sadarkah kalau kita tanpa sadar sama seperti mereka yang menyalah-gunakan uang rakyat. Uang rakyat digunakan untuk fasilitas-fasilitas yang juga kita gunakan. Tapi, apakah kita sudah bijak dalam menggunakan fasilitas tersebut ? Sudahkah kita ambil peran dalam memajukan Indonesia ?
Saya tidak sedang membela salah satu pihak. Bukan berarti saya membela pemerintah. Bukan berarti kalau saya sudah bijak dalam menggunakan “uang rakyat” Tapi, disini saya ingin mengajak teman-teman untuk ikut ambil peran dalam membangun negara ini.
Banyak hal yang bisa kita lakukan mulai dari hal terkecil. Apakah kita sebagai seorang pelajar sudah menimba ilmu dengan sungguh-sungguh ? Apakah kita sebagai orang berilmu sudah menerapkan ilmu kita untuk kebaikan ? Apakah kita sebagai rakyat Indonesia sudah  “peduli” dengan sesama rakyat Indonesia ?
Kita belum sungguh-sungguh belajar, berbagi kebaikan, apalagi peduli terhadap sesama jika kita belajar hanya untuk sebuah ijazah. Jika ilmu kita hanya untuk kepentingan kita pribadi. Jika kita masih membuang beberapa butir nasi ketika makan.
Jika kita pelajar, ayo luruskan lagi niat kita untuk belajar. Ayo gunakan ilmu kita untuk kebaikan. Jika kita peduli, ayo kita  ajak semuanya untuk bersama membangun Indonesia.
Saya yakin kalau Indonesia takkan maju jika kita belum merubah diri kita. Tetapi saya lebih yakin dengan bersama kita bisa bangun Indonesia yang lebih baik. Ayo bersama kita majukan Indonesia.

RR

Comments