Pemira Berlalu, Apa Kesanmu?


Apasih itu pemira?
Kalau kalian merasa seorang mahasiswa, pasti kalian tahulah  apa itu pemira. Nah Pemira itu merupakan ajang pemilihan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (Ketua BEM ) untuk satu tahun periode masa jabatan selanjutnya. Buat kamu yang merasa anak Institut Pertanian Bogor (IPB),pasti masih ingat kalau tahun ini kita baru saja melaksanakan  pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BEM KM dan ketua dan wakil ketua BEM di masing-masing fakultas tepatnya pada tanggal 20 Oktober 2015 untuk masa bakti 2015-2016. Terlepas dari siapa pemimpin yang terpilih sekarang, baik yang kalian harapkan atau tidak, pasti kalian punya kesan  dari pemira yang telah berlalu tersebut. Nah disini saya mau sedikit share kesan saya dan beberapa teman saya terkait pemira yang telah berlalu tersebut. Barangkali  saja kalian ada yang se-Otak dengan kita (punya pemikiran yang sama) berkaitan dengan Pemira  kemarin.
SEPI, apa kalian merasakan hal yang sama dengan kami? Mungkin ada beberapa dari kalian yang tidak sependapat dengan kami, tapi itu wajar karena sepi itu adalah hal yang relatif.  Kalau kesan saya pribadi  euforia Pemira tahun ini tidak serame pemira tahun kemaren. Beberapa teman juga sependapat dengan saya. Belum tahu pastinya juga  sih entah itu hanya perasaan  dari saya pribadi atau kalian mayoritas  warga IPB merasakan hal yang sama. Menurut saya isu Green Campus lebih rame dari isu Pemira. Mungkin isu Green Campus lebih menyita perhatian mahasiswa dan menjadi salah satu penyebab sepinya isu-isu Pemira.
PASIF,kalau ini murni dari kesadaran dari diri saya pribadi. Saya akui saya masih terlalu pasif dalam berkontribusi di ajang pemira tahun ini. Tapi alhamdulillah saya tidak termasuk golongan putih. Walaupun saya tidak terlalu interest dengan pemira tersebut, tapi saya masih sadar bahwa satu suara milik saya sungguh menentukan perubahan masa depan yang lebih besar.
HERAN, loh kenapa saya bisa heran dan tak habis pikir dalam menyikapi pemira tahun ini? Sebabnya lebih ke kenyataan jumlah pasangan calon yang maju  di putaran pemira tingkat BEM fakultas. Dari informasi yang saya dapat ternyata hampir 50% dari keseluruhan BEM fakultas di IPB, masing-masing hanya ada satu pasangan calon yang mencalonkan diri di pemira tahun ini. Apa se-Limit itukah sosok pemimpin di tingkat fakultas IPB. Atau ada sebuah dominasi kepemimpinan dari salah seorang atau kelompok di situ. Entah apa alasannya, semoga satu pasangan calon yang telah terpilih tersebut memang benar-benar seorang pemimpin yang LUAR BIASA baik pesona maupun keahliannya. Amin.
Well sedikit pesan untuk kalian semua terkhusus untuk perbaikan sikap di PEMIRA 2016 mendatang,
Jangan GOLPUT, jangan jadi BUNTUT, dan jangan jadi PASIF kaya saya ya,,insyaAllah saya pribadipun akan berubah menjadi pribadi yang baik dalam mensukseskan dan meramaikan pemira tahun depan,,

By : Siti Chalimah
AGH 51 Institut Pertanian Bogor

Comments