Jaga Sikap Itu Penting !


Selamat Malam..


Kenalin, nama gue Malul. Gue lagi kuliah di Bogor, dan gue baru belajar nulis – nulis gini sih..


Harap maklumin tulisan gue ya, kalo gak berbobot dan jauh dari ekspetasi kalian...


Jadi gini, gue mau ceritain pengalaman nih waktu SMA..


Pengalaman yang bikin gue dikenang oleh Kepsek gue sampai sekarang..


Masa – masa kelas 12, siswa SMA tingkat akhir, yang dengan gagahnya sebagai siswa yang paling tua, yang paling badung, petakilan, sering bolos baik jam sekolah maupun jam tambahan ujian, dan banyak lagi...


Memang benar, masa sekolah yang paling indah itu masa SMA. Entah kenapa, yang gue rasakan sekarang tuh pingin banget balik lagi ke masa SMA yang penuh dengan kenangan itu. Di SMA gue dikenal sebagai orang yang organisatoris banget. Duh, kalo mau jujur sih sebenernya berawal dari kelas 10 sih, gue kejebak di sebuah organisasi yang akhirnya sampai gue lulus masih aja ngurusin organisasi itu. Bahkan sampe sekarang, setiap balik ke kampung, gue pasti ya kesekolah dan ketemu mereka. Parahnya, tahun kedua, saat gue kelas 11, gue jadi ketua organisasi tersebut, jadi mau gak mau ya ngurusin organisasi itu.


Hmm... Waktu SMA gue bisa dibilang aktivis, haha.. Apapun organisasi gue embat, entah kenape.. Nyaman aja sih... Dari yang ngurusin event – event tahunan sekolah yang segaban itu, ngurusin urusan kemanusiaan, bela negara, kepedulian sesama, gua jabanin semua. Gini – gini tetep peduli sesama yak..


Nah, gegara gue yang sok – sok organisatoris ini, otomatis gue selalu dikenal oleh guru, apalagi guru pembina, yang tiap hari ketemu minta uang, haha... Dari situ gue mulai sadar, apapun yang gue lakuin pasti guru pada tau, alhasil mau gak mau gue harus jaga sikap, yap jaga sikap (CAPSLOK GARIS BAWAH CETAK TEBAL)...


Yap, jaga sikap. Perilsaya yang sekarang ini mulai pudar karna perkembangan zaman. Mungkin karna zaman sekarang udah era “Gadget” apa – apa serba “Gadget”, seharian rela gak makan demi mantengin “Gadget”.. gak tau lagi sama zaman sekarang.


Ngomong – ngomong masalah jaga sikap, ini kejadian disaat masa – masa akhir SMA.. Untungnya dari gue masuk ke SMA itu smpe kejadian itu gue belum bermasalah, eh bukan bermasalah, tapi salah paham gitu..


Kejadian itu berawal ketika menyambut kegembiraan bahwasanya sebut saja Bapak Andi tidak bisa masuk ke kelas karena ada keperluan alias jam kosong, yap suatu kegembiraan bagi siswa SMA tingkat akhir dikala stres – stresny menghadapi ujian nasional 20 paket kala itu. Lagi seneng – senengnya, yap, kelas gaduh segaduh – gaduhnya, pada ngerumpi, cowok dengan masalah kecowokan, dan cewek dengan masalah kecewekannya.. Ketika negara api menyerang, ehh.. ketika Ibu Kepsek itu masuk kekelas, kelas diam dan hening.. Tiba – tiba ibunya, dengan wajah yang agak emosi memanggil nama gue dan disuruh maju kedepan..


“Deg !! Gue? Salah apa gue?” dalam batin gue ngomong sendiri, dengan intensitas degupan jantung semakin mengencang, dan akhirnya gue maju kedepan kelas.


“Kamu ini ya, udah kelas 12 masih aja bikin ulah ini.. nanananananannininininilalalalalalililililililililili” ibu nya nyerocos panjang lebar kali tinggi ynag intinya itu kecewa sama gue, gegara menurut dia, ucapan gue bikin sakit hati dia.


“Ucapan? Saya gak merasa ngomong itu bu !” sanggah gue, mncoba membela diri sendiri.


“Iya kan, emamg temen – temen denger saya ngucapin kata itu?” ucap gue ketemen sekelompok gue yang tadi ngerumpi.


“Engga kok bu, kita juga gak denger Malul ngucap gitu, orang kita juga ngobrolinnya beda tema dengan yang Ibu sampein” sahut temen gue mencoba membela gue.


“Ya, begitu bu, saya juga gak ngerasa ngomong seperti itu” tambah gue.


“Hey, coba jujur. Ibu tau Karakter suaramu, orang kamu sering konsultasi ke ibu. Coba lain kali dijaga sikapnya, dijaga omonganya. Kamu bentar lagi ujian, mbok ya jangan bikin ulah. Ibu jadi kesel, udah capek dengan kegiatan sekolah, sekalinya nengok kalian, eh sikap kamu gitu. Percuma dong didikan ibu selama ini” kata ibu Kepsek dengan nada tinggi tanpa titik dan koma.


“Iya bu, kalo menurut ibu itu suara saya, saya minta maaf yang sebesar – besarnya” kata gue sambil mencium tangan beliau dan bergegas duduk.


“Udah, kalian beres – beres dan pulang” ujar Ibu kepsek tercinta, lantas beliau keluar.


Beres kejadian itu, kelar mulai gaduh lagi, dan teman – teman pun memberi sedikit semagat ke gue sambil mereka bergegas pulang. Gue masih duduk dibangku kesayangan gue, masih gak percaya dengan kejadian tadi, karena keadaan diluar kelar itu ramai dengan lalu lalang anak – anak, dan gue disidang didepan kelas dihadapan temen – temen sperjuangan gue.


Gue malu banget, sumpah gue malu. Entah kenapa, mungkin ini lagi apesnya gue. Reputasi gue di SMA anjlok, gue malu banget. Hmmm.. tapi dari semua itu gue ngerti, bahwasannya sikap inilah yang menentukan kita di masa depan. Alhamdulillah, mungkin itu gebrakan buat gue buat “tobat” menjelan Ujian Nasional 20 paket kala itu. Gue bertekad akan ngasih hasil yang terbaik di ujian ini, penentuan masa depan gue. Gak berani – beraninya lagi gue petakilan dikelas, gue bolos diruang organisasi, gue bolos waktu jam tambahan, bolos kekantin di jam pelajaran dan masih banyak lagi.


Gue sadar, kalo sikap itu yang menentukan kita dimasa depan, mau bening kek, cerah, item, kluwus, bahkan sampai suram yang sekarang kita dapetin itu cerminan sikap kita dimasa lampau. Gue juga sadar, mempertahakan kepercayaan orang itu susah, terlebih orang yang udah percaya sama kita, karna kepercayaan itu bagai mata pisau yang tajam, yang akan terasa sakitnya bila dia di khianati, nyesek banget..



Pasca kejadian itu, gue jadi anak alim lagi, karna udah menjelang masa – masa ujian yang 20 paket itu. Alhamdulillah, ujian nasional gue lancar, gue lulus dengan nilai yang cukup memuaskan, walaupun hanya diperingkat ke 20 di totalan siswa IPA, ditambah SMA gue lulus semua dan alhamdulillah banget gue masuk Universitas yang gue idam – idamkan semenjak di SMA ini tanpa tes pula. Dari kejadian ini gue belajar, bahwasannya seberat apapun ujian yang dialamin kita, harus tetap berusaha memberikan yang terbaik disetiap eksekusinya. Ingat, Allah itu adil terhadap hamba-Nya. Seburuk apapun kita dimata-Nya, Allah tau apa yang terbaik buat hamba-Nya.


Setiap gue pulang kampung, pasti gue sempetin kesekolah gue, buat ketemu beliau. Sampai sekarangpun, terkadang masih malu kalo ketemu sama beliau, karena memang sering ngerepotin sampai sekarang. Terima kasih Ibu Kepala Sekolah tercinta, terima kasih telah menyadarkanku akan pentingnya menjaga sikap, sehingga sekarang aku bisa berdiri dan bertahan di kampus ini.


Over all, ini adalah pengalaman gue menjelang ujuan nasional 20 paket itu. Mungkin jauh dari ekspetasi kalian semua terhadap gaya menulis gue. Harap maklum, gue baru belajar nulis, dan tulisan gue masih jauh banget dari kata sempurna. Terima kasih karena udah sempet ngebaca cerita gue, pengalaman gue yang mungkin biasa aja bagi kalian, tapi berharga bagi gue.


Salam damai dari gue, M. Amalul Ahli.
@amalulahlii

Comments

  1. Info nya bermanfaat . Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Maapin blm ekspert dibidang tulis - menulis

    ReplyDelete
  3. luar biasa malullllll (y) (y)

    ReplyDelete
  4. Wah keren, #terusemangaterus Malul ^_^
    Senantiasa bersyukur apapun itu

    ReplyDelete
  5. nostalgia saat SMA.... hehe gak beda jauh yak ^,^
    Semangatt menulis, berbagi cerita berbagi kebaikan

    ReplyDelete

Post a Comment