TUGAS KELOMPOK RANCANGAN TEKNIK GREENHOUSE

Tanggal : 18 Desember 2016

Nama  : 1. M.Fuadi Munzir     (F14130028)
              2. Amir Machmud     (F14130030)
              3. Budiarno                (F14130031)



Departemen Teknik Mesin dan Biosistem
Fakultas Teknologi Pertanian
Institut Pertanian Bogor
2016
     



PENDAHULUAN

Latar Belakang

.
          Indonesia adalah negara agraris yang menjadikan pertanian sebagai salah satu kegiatan yang sangat menunjang kehidupan masyarakatnya. Pada kehidupan saat ini pertanian banyak digeluti oleh masyarakat kecil maupun masyarakt tingkat sedang. Namun masyarakat kecil yang masih berada didaerah masih terhambat oleh kurangnya pemanfaatan dan pengembangan teknologi yang memang saat ini membantu dalam mengelolah lahan pertanian maupun hasil-hasil pertanian. Ketergantungan para petani dari cuaca alam sehingga hasil pertanian tidak memuaskan ketika cuaca yang kita harapkan tidak sesuai dengan yang diharapkan (Abbas, 2015).
          Pembangunan permukiman yang begitu pesat khususnya di wilayah perkotaan akibat tingginya laju pertumbuhan penduduk telah banyak menghabiskan lahan pertanian produktif. Pertumbuhan penduduk tersebut tentunya akan diiringi dengan peningkatan kebutuhan pangan. Budidaya tanaman secara hidroponik harus dikembangkan mengingat keberadaan lahan pertanian yang terbatas sementara itu produktivitas hasil pertanian harus terus meningkat. Aktivitas budidaya tanaman hidroponik akan berhasil apabila fasilitas untuk budidaya maupun pengelolaannya baik dan memadai (Failasuf, 2015).
Penggunaan rumah tanaman (greenhouse) dalam budidaya tanaman merupakan salah satu cara untuk memberikan lingkungan yang lebih mendekati kondisi optimum bagi pertumbuhan tanaman. Struktur bangunangreenhouse yang akan dirancang akan berbeda dari satu tempat dengan tempat yang lainnya, hal ini disesuaikan dengan karakteristik lingkungan di sekitar greenhouse dan manfaat dari greenhouse yang akan digunakan. Pada daerah iklim subtropika bangunan greenhouse dirancang untuk memanen panas, yang akan digunakan pada musim dingin untuk pertumbuhan tanaman, sedangkan pada daerah iklim tropika bangunan greenhouse dirancang untuk melindungi tanaman dari siraman hujan secara langsung,dan intensitas cahaya yang berlebihan.

Comments